Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer Tutorial Penentuan Jenis Tanah Menggunakan Segitiga Tekstur Tanah | Iim kayyis

Rabu, 15 Maret 2017

Tutorial Penentuan Jenis Tanah Menggunakan Segitiga Tekstur Tanah

Assalamualaikum. Selamat malam agan dan sista. Nah yang dinanti-nanti akhirnya dateng nih, pada nungguin kan postingan aku minggu ini?, hehe jangan malu-malu, udah bukan rahasia lagi kalo blog ku peminatnya sangat tinggi, wkwk PENCITRAAN. Langsung aja, di postinganku kali ini aku bakal ngasih tutorial penentuan jenis tanah dengan segitiga tekstur tanah. Ilmu yang fresh banget nih, baru tadi pagi belajar ><. Here we go 1. Sebelum melakukan penentuan jenis tanah menggunakan segitiga tekstur, terlebih dulu kita harus mengetahui persentase pasir:liat:debu dalam tanah yang kita amati, penentuan persentase pasir, liat dan debu dalam tanah dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu feeling metode dan metode hidrogen. Penjelasan sederhananya untuk feeling metode adalah penentuan tekstur tanah menggunakan perasaan/Feel, jadi dalam metode ini dibutuhkan kepekaan lebih untuk merasakan tekstur tanah, biasanya dilakukan dengan cara mencampur tanah dengan air secukupnya hingga menggumpal kemudian baru dirasakan teksturnya. Sedangkan untuk metode hidrogen adalah metode yang dilakukan di dalam laboratorium dengan cara yang kompleks, metode ini merupakan metode kuantitatif/ menggunakan angka. Nah pada akhir pengolahan data metode hidrometer , akan didapatkan angka %pasir, %liat, dan %debu. 2. Setelah didapatkan persentase liat, debu dan pasir langkah selanjutnya adalah mencetak gambar segitiga tekstur. Berikut merupakan contoh segitiga tekstur yang dapat kita gunakan.
3. Setelah mencetak segitiga tekstur persiapkan ATK yang meliputi bolpoin berwarna dan penggaris. Nah dibawah ini adalah contoh bolpoin dan penggaris (siapa tau masih g tau apa itu bolpoint dan penggaris hehehe, kidding )
4. Nah step selanjutnya adalah step inti, yaitu: - Pada segitiga tekstur tanah terdapat 3 fraksi yaitu sand(pasir), clay (liat) dan silt(debu). Data persentase fraksi tanah dengan metode hidrometer td adalah data yang digunakan. Contoh: pada sampel tanah yang telah diamati menggunakan metode hidrometer, %pasir adalah 28%, kemudian %liat adalah 48% dan debu adalah 24%. - Setelah itu pada skala segitiga tekstur bagian bawah (sand/pasir) lakukan penggarisan sesuai dengan arah garis yang paling dekat searah jarum jam. Seperti contoh
Penjelasan: fraksi sand/pasir dalam tanah diketahui adalah 48%, sehingga dilakukan penggarisan kearah sama dengan garis yang paling dekat dengan arah jarum jam. Yaitu ke kiri serong. - setelah penggarisan fraksi sand selsai, lakukan hal yang serupa pada fraksi liat dan debu dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Kemudian akan ditemukan titik potong dari 3 garis yang saling berpotongan, seperti contoh gambar:
- nah titik potong ketiga garis itulah yang menunjukkan jenis tanah, pada contoh di atas, titik potong terletak pada daerah clay, sehingga jenis tanah yang memungkinkan adalah clay/ lempung.

1 komentar:

 

Iim kayyis Template by Ipietoon Cute Blog Design